Snorkeling & Free Dive di Atas Kapal Karam, Berjuta Rasanya

Japanese Shipwreck Amed Bali snorkeling
Free Dive di Kapal Karam Jepang – Amed

JEJAKLANGKAHKU – Mungkin sebagian dari kita pernah menonton film tentang karamnya sebuah kapal beserta nuansa-nuansa mistisnya yang membuat bulu kuduk berdiri. Namun hal yang berbeda justru saya rasakan pada saat melakukan snorkeling dan free dive di laguna Desa Banyuning Amed, Bali pada akhir Desember 2014 lalu. Mungkin disebabkan lokasi dan tema snorkeling yang agak berbeda dengan yang pernah dilakukan sebelumnya yang biasanya hanya untuk menikmati keindahan koral, terumbu dan biota bawah laut, snorkeling kali ini…kata guide saya, seru Mbak, karena yang kita amati adalah Kapal Karam peninggalan Jepang diera Perang Dunia ke-2. Ok baiklaaa…let’s go.

Dari Hotel tempat kami menginap (Arya Amed Hotel), lokasi lagunanya tidak jauh, dengan mobil hanya sekitar 5 menit sudah sampai. Pantainya berpasir hitam dan berbatu-batu kecil mirip batu sungai dengan warna juga agak kehitaman, jadi memang tampaknya agak serem airnya rada gelap gitu deh kena pantulan batu dan pasirnya, padahal sebenarnya airnya sangat bening, jernih dan bersih.

Japanese Shipwreck Amed Bali snorkeling
Kapal Karam Jepang di Amed Bali
Japanese Shipwreck Amed Bali snorkeling
Entry Beach Snorkling di Amed Bali

Lokasi kapal karamnya sendiri tidak jauh dari bibir pantai, sekitar 20 meter, cukup berenang langsung dari bibir pantai ke arah lautan luasnya, dan beberapa menit kemudian sudah nampak kapal karamnya dari atas permukaan laut. Jika ingin melihat lebih dekat, silahkan free dive ke bawah, kedalaman airnya hanya sekitar 10 meter, jadi cukup mudah untuk free dive dan foto-foto jika membawa kamera under water.

Japanese Shipwreck Amed Bali snorkeling
Tumbuhan disekitar Kapal Karam
Japanese Shipwreck Amed Bali snorkeling
Tampak depan Kapal Karamnya

Selain mengamati Kapal Karamnya, kita juga dapat melihat berbagai biota laut yang kini sudah berkembangbiak di Kapal Karam tersebut, termasuk banyaknya ikan-ikan yang menjadi penghuni tetap Kapalnya. Sempat diajak free dive sih sama Guidenya untuk masuk ke body kapalnya, tapi tentu saja gue tolak mentah-mentah…wong gelapnya kaya gitu…klo tiba-tiba muncul ular dari dalam gimana doonk ??? wwkkkwkw…

Japanese Shipwreck Amed Bali snorkeling
Ikan-ikan penghuni Japanese Shipwreck
Japanese Shipwreck Amed Bali snorkeling
Ikan-ikan penghuni Japanese Shipwreck

Setelah kurang lebih 40 menit muter-muter disekitar sini, akhirnya hari mulai siang, matahari mulai muncul dan artinya sudah saatnya kembali ke darat sebelum dibuat belang kulit ini. Suer, tidak ada perasaan takut selama menikmati petualangan kapal karam ini, hingga waktu foto ini kutunjukkan kepada seorang kawan, Hani Buntari, dan komentar dia singkat, padat, jelas : “Ada Hantunya” ……. whatttttt ?

Japanese Shipwreck Amed Bali snorkeling
Underwater disekitar Kapal Karam

japanship1

Amed, Bali – Des 2014

– I Love the Blue of Indonesia – Bali Bagus –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s