Ada Kerajaan Kupu-Kupu di Taman Nasional Bantimurung, Maros Makassar

wisata air terjun sulawesi selatan
Pintu Gerbang Taman Nasional Bantimurung, Maros Makassar

JEJAKLANGKAHKU – Jalan-jalan ke Sulawesi Selatan tepatnya di sekitar Makassar, sempatkanlah mampir di Taman Nasional Bantimurung yang terletak di Kabupaten Maros dan berjarak kurang lebih 42 km dari kota Makassar. Berwisata ke Bantimurung ini maka pengunjung akan disuguhi pemandangan alam pegunungan yang indah dengan kesejukan udara disekitarnya. Ditambah lagi dengan adanya Air Terjun yang mengalir deras dengan aliran sungai yang berbatuan diapit oleh kokohnya tebing-tebing terjal, menjadikannya semakin lengkap sebagai tempat wisata yang menyegarkan tubuh.

bantimurung kupukupu 11
Taman Nasional Bantimurung

Hal unik lainnya yang bisa kita jumpai di Taman Nasional Bantimurung ini adalah keanekaragaman kupu-kupu yang bertebaran disekitar area ini, menyebabkan Alfred Russel Wallace (1857) menjuluki Bantimurung ini sebagai “The Kingdon of Butterfly”. Pada akhirnya dibangun pulalah tempat penangkaran kupu-kupu yang diusung dalam konsep Taman Kupu-Kupu dimana selain berfungsi untuk kepentingan konservasi jenis kupu-kupu, Taman Kupu-Kupu ini juga merupakan wahana pendidikan dan konservasi bagi masyarakat umum.

bantimurung kupukupu 3
Bantimurung, The Kingdom of Butterfly
bantimurung kupukupu 7
Koleksi Kupu-Kupu di Museum Kupu-Kupu Bantimurung Maros, Makassar

Memasuki kawasan wisata ini maka kita akan disambut patung kupu-kupu raksasa di depan pintu gerbangnya serta patung kera raksasa yang dipajang setelah memasuki gerbang utamanya. Selanjutnya kita akan menuju ke tempat parkiran kendaraan dan loket tiket masuknya. Setelah itu maka perjalanan menuju Museum Kupu-Kupu maupun ke Air Terjunnya harus ditempuh dengan berjalan kaki, tapi jangan kuatir karena jarak untuk menuju kesana relatif dekat.

bantimurung kupukupu 1
Air Terjun Bantimurung, Maros Makassar (saat musim hujan, Desember)
bantimurung kupukupu 2
Air Terjun Bantimurung, Maros Makassar (saat musim hujan Desember)
wisata makassar sulawesi selatan
Air Terjun Bantimurung saat cuaca cerah (musim kemarau)

Berhubung dalam kunjungan kami kali ini bertepatan dengan musim hujan (bulan Desember), maka sangat disayangkan kamipun tidak bisa menikmati kesegaran air terjunnya disebabkan arus aliran sungai dan air terjunnya yang sangat deras. Warna air sungainya pun sangat keruh, berwarna kecoklatan sebagai akibat naiknya pasir di dasar sungainya karena derasnya air. Berbeda halnya jika kita berkunjung disaat yang tepat, maka kejernihan air nya pun akan nampak dengan jelas dan kitapun bisa puas bermain air, berendam bahkan berdiri tepat di bawah tempat jatuhnya air terjun untuk hanya sekedar merasakan percikan-percikan air terjunnya menyentuh tubuh. Hmmm, sepertinya saya harus datang lagi saat musim kemarau nanti.

bantimurung kupukupu 4
Museum Kupu-Kupu, Bantimurung Maros, Makassar
bantimurung kupukupu 9
Koleksi Kupu-Kupu di Museum Kupu-Kupu Bantimurung Maros, Makassar
bantimurung kupukupu 8
Koleksi Kupu-Kupu di Museum Kupu-Kupu Bantimurung Maros, Makassar

Oiya, satu hal lagi yang patut dikunjungi disini adalah Museum Kupu-Kupu, dimana kita bisa melihat aneka ragam kupu-kupu dari berbagai jenis, warna dan ukuran. Semuanya terdokumentasi dengan lengkap didalam museumnya. Sebenarnya kasihan juga melihat kupu-kupu yang diawetkan seperti itu, tapi itulah yang terjadi, mereka ibaratnya mummi yang diawetkan untuk diabadikan di dalam museumnya. Menurut info yang kami peroleh, beragam kupu-kupu yang ada di sekitar area itu sebenarnya berasal dari sebuah danau yang dikenal dengan nama Danau Kassi Kebo. Danau ini dikelilingi oleh tebing-tebing terjal dan dihiasi hamparan pasir putih di tepiannya. Danau inilah yang menjadi habitat utama dari kupu-kupu yang ada di Bantimurung ini.

bantimurung kupukupu 10
Koleksi Kupu-Kupu di Museum Kupu-Kupu Bantimurung Maros, Makassar
bantimurung kupukupu 5
Koleksi Kupu-Kupu di Museum Kupu-Kupu Bantimurung Maros, Makassar

– Bantimurung, Makassar – Desember 2014 –

– Visit Indonesia –

2 thoughts on “Ada Kerajaan Kupu-Kupu di Taman Nasional Bantimurung, Maros Makassar”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s