Temukan Wisata dengan Semangat Pelestarian Alam & Edukasi di Eco Green Park Batu Malang (part 1)

eco green park batu malang jatim park
Replika Patung Gajah dari Komputer Bekas di Eco Green Park Batu, Malang

JEJAKLANGKAHKU – Kagum juga melihat perkembangan tempat wisata di tanah air kita, bagaimana tidak, hampir tidak ada bedanya antara berwisata di luar negri dengan di dalam negri, seperti yang bisa kita temui di Eco Green Park Batu, Malang. Pada beberapa sisi dari tempat wisata ini bahkan saya merasakan sedang berada di Disneyland Tokyo karena nuansa tampilan luar dari beberapa spotnya yang sangat mirip, apalagi didukung dengan lingkungan area wisata yang bersih, teratur dan tertata dengan rapi.

eco green park batu jatim park2
Replika Bangunan – Eco Green Park Batu, Malang

Eco Green Park Batu merupakan kawasan wisata di Batu Malang yang berada satu area dengan JATIM Park 2, Batu Zoo serta Museum Satwa. Konsep wisata yang dikembangkan di Eco Green Park ini adalah semangat melestarikan alam Go Green serta edukasi bagi putra putri kita sehingga wisata ke tempat ini sangat cocok dilakukan bersama dengan keluarga dan putra putri kita. Banyak hal yang bisa mereka lihat dan pelajari sembari berjalan-jalan dan menikmati kesejukan udaranya karena letak Eco Green Park ini tepat berada di lereng gunung Panderman yang memiliki pemandangan alam yang indah dengan air pegunungan yang cukup dingin.

eco green park batu jatim park2
Wakling Bird – Eco Green Park Batu, Malang
eco green park batu jatim park2
Wakling Bird – Eco Green Park Batu, Malang
eco green park batu jatim park2
Wakling Bird – Eco Green Park Batu, Malang

Untuk dapat masuk ke taman wisata ini maka kita harus membeli tiket seharga Rp 40.000 per orang (weekday) dan Rp 60.000 per orang (weekend). Namun jika kita ingin sekalian berwisata ke JATIM Park 2 atau ke tempat lainnya di area tersebut, kita bisa membeli tiket terusan ata tiket paket lainnya yang tentunya harganya bisa jatuh lebih murah dibanding membeli tiket terpisah. Tipsnya adalah, sesuaikan dengan waktu kita, karena bagi saya, setengah hari berkeliling di Eco Green Park ini adalah belum cukup, areanya sangat luas, berkelok-kelok namun jauh sekali ujung exit dari taman ini. Artinya, banyak sekali spot wisata yang ada didalam tamannya dan wajib kita telusuri, makanya saya memilih untuk membeli tiket khusus ke taman ini saja dan tidak membeli tiket terusan ke tempat wisata sekitarnya karena waktunya tidak akan cukup. Jika waktu cukup banyak, sisakan hari esok untuk mengunjungi tempat wisata lainnya di sekitarnya, biar puas !

eco green park batu jatim park2
Scorpion in my hand – Eco Green Park Batu, Malang
eco green park batu jatim park2
Airpun bisa bermain Musik – Eco Green Park Batu, Malang

Semangat pelestarian alam di Eco Green Park ini dinyatakan dalam tulisan yang bisa kita baca saat memasuki gerbangnya sebagai berikut :

ARGA TIRTHA CANDIKA : “Gunung (Arga) dan Air (Tirtha) “Berkah atau Bencana?” Pada lereng gunung muncul mata air, mengalir menjadi sungai. Jika sumber dilestarikan dan aliran air dikelola dengan baik, niscaya tanaman budidaya tumbuh dengan subur. Air bersih pemberi hidup tercukupi. Namun bila hutan dihabisi, sungai mengalir liar menjadi banjir bandang, menimbulkan petaka. Dengan piranti budayanya, diharapkan manusia mendayagunakan tanah dan air bagi kesejahteraan hidupnya dan meminimalkan resiko bencana darinya”

eco green park batu jatim park2
Pelestarian Alam – Eco Green Park Batu, Malang
eco green park batu jatim park2
Replika Candi di Eco Green Park Batu, Malang
eco green park batu JATIM Park2
Replika Candi di Indonesia – Eco Green Park Batu, Malang

Ayo coba kita resapi baik-baik makna yang terkandung didalamnya, dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah apa saja yang ada di dalam Eco Green Park Batu ini :

  1. Memasuki gerbang Eco Green Park ini akan kita temui replika bangunan menyerupai Candi-Candi yang ada di Indonesia.

    eco green park batu jatim park 2
    Replika Candi di Indonesia – Eco Green Park Batu, Malang
  2. Replika patung-patung binatang berupa Gajah, Domba dan sebagainya yang terbuat dari pemanfaatan perangkat-perangkat/barang bekas pakai (konsep pelestarian alam).

    eco green park batu malang jatim park 2
    Replika Patung Binatang terbuat dari Mobil Bekas
  3. Eco Green Park, Fun & Study : tempat pelestarian serangga, didalamnya terdapat berbagai jenis kupu-kupu dan serangga lainnya.

    eco green park batu malang jatim park 2
    Koleksi aneka jenis Kupu-Kupu & Serangga
  4. Walking Bird : berupa area yang mirip dengan kebun binatang dimana sambil berjalan kita dapat melihat berbagai macam jenis burung-burung beserta habitatnya, baik yang ada di Indonesia maupun dari luar negri.

    eco green park batu jatim park2
    Kebun Binatang khusus Koleksi Burung – Eco Green Park Batu, Malang
  5. Plasa Musik (Ajaib, Air pun bisa Bermain Musik) : merupakan kawasan dengan kolam berisi air dan perangkat-perangkat musik dimana kita bisa belajar memanfaatkan kekuatan air untuk menghasilkan bunyi musik tertentu. Wah ini sih baru pertama kali saya lihat di Indonesia. Keren dan kreatif.
    wisata batu malang jatim park 2
    Plaza Musik – Eco Green Park Batu, Malang

    wisata batu malang jatim park 2
    Alat Musik Air – Eco Green Park Batu, Malang
  6. Jungle Adventure : keliling dalam hutan buatan menggunakan kereta tanpa atap. Jika bersama anak-anak, bisa sembari main tembak-tembakan karena dilengkapi dengan pistol sensor dimana kita berperan sebagai pelindung hutan yang membasmi kejahatan, wew !
    wisata batu malang jatim park 2
    Jungle Adventure – Eco Green Park Batu, Malang

    – Batu, Malang – September 2014 –

Artikel Terkait :

Wisata dengan Semangat Pelestarian Alam & Edukasi di Eco Green Park Batu, Malang (part 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s