Snorkeling di Lombok, sekali kayuh 3 Gili Terlampaui : Gili Trawangan, Gili Meno & Gili Air

wisata gili lombok trawangan meno air
Snorkeling di Gili Lombok

JEJAKLANGKAHKU – Bagi penggemar water sport (olahraga air), kegiatan snorkeling dan berenang di laut merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan saat traveling ke pantai atau pulau. Jika sedang berwisata ke Lombok, jangan lewatkan kesempatan ini untuk dapat mengintip keindahan pantai dan underwater di 3 lokasi gili (pulau) nya yang berada dalam satu gugusan pulau yang letaknya berdampingan, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

teoi pantai gili air 2
Tepi Pantai Gili Air Lombok

Dari ketiga gili tersebut, gili Trawangan merupakan pulau yang paling besar, paling padat penduduknya dan paling ramai dikunjungi wisatawan dibandingkan dengan gili Meno dan gili Air. Fasilitas wisata seperti hotel, penginapan, homestay, cafe, resto, bar, toko, water sport dan sebagainya, yang tersedia di gili Trawangan juga relatif lebih lengkap. Namun, jika anda termasuk orang yang gemar dengan keheningan dan jauh dari keramaian, maka gili Meno dan gili Air merupakan pulau yang tepat untuk menginap.

gili air lombok 1-1
Tepi Pantai di Gili Air Lombok

Aktivitas berenang atau snorkeling di gili Trawangan secara umum bisa dilakukan di tepi pantai gilinya. Terdapat beberapa spot pantai di gili ini yang memang disediakan khusus untuk berenang karena area pantainya yang berpasir putih, bersih dan jernih. Jika ingin berenang, perhatikan dan cek terlebih dahulu spot pantai sebelah mana yang cocok untuk berenang ataupun snorkeling, karena pada beberapa bagian pantai juga ada yang tidak pas untuk berenang karena misalnya banyak ditumbuhi tanaman-tanaman laut, berbatu karang ataupun kotor karena dipenuhi kapal atau boat. Oiya, jangan lupa memperhatikan batas area pantai yang diperbolehkan untuk berenang (biasanya ditandai dengan tali atau bola yang mengapung di atas laut) karena semakin jauh kita berenang dari tepi pantainya maka kontur bawah lautnya akan semakin curam, bahkan dibeberapa titik terdapat patahan langsung yang menyebabkan air lautnya semakin dalam. Cermati warna air pantainya, semakin dalam maka akan semakin gelap warna biru airnya.

underwater gili trawangan 2-1
Underwater Gili Lombok

Agar dapat puas melakukan snorkeling di gili ini, maka kita dapat mengikuti paket snorkeling Hopping Island yaitu paket snorkeling menggunakan kapal motor atau boat, dimana snorkeling dilakukan di 3 lokasi spot di ke 3 gilinya, yaitu snorkeling di gili Trawangan, dilanjutkan ke gili Meno dan terakhir di gili Air. Ada 2 cara untuk mengikuti paket Hopping Island ini, yaitu dengan mengikuti paket tour Hopping Island sharing ataupun dengan paket tour Hopping Island private. Bedanya adalah, paket tour sharing menggunakan kapal/boat yang memuat berbagai wisatawan secara bersama-sama dalam satu boat sedangkan untuk paket tour private maka boat akan disewa secara private dan digunakan sendiri oleh penyewanya. Tentu saja harga paketnya akan jauh lebih murah menggunakan paket sharing dibandingkan paket private, tetapi kenyamanan dan kepuasan snorkeling lebih terasa jika menyewa boat secara private. Jadi, sesuaikan dengan kondisi keuangan dan pilih paket yang tepat untuk anda nikmati.

underwater gili trawangan 1-1
Underwater Gili Lombok

Apa sih perbedaan mendasar dari paket Hopping Island sharing dengan private ?

  1. Paket Snorkeling Hopping Island (sharing boat) :
    • Satu kapal/boat dipakai beramai-ramai, digabung dengan wisatawan lainnya dalam satu kapal/boat yang sama.

      hopping island gili trawangan 1-1
      On The Boat – Sharing Boat – Gili Trawangan
    • Tarif mengikuti tour snorkeling ini berkisar Rp 80.000 (tanpa paket lunch) per orang atau sekitar Rp 100.000 s.d Rp 120.000 (termasuk paket lunch) per orang. Tarif ini sudah termasuk sewa peralatan snorkeling.

      hopping island gili trawangan-1
      Persiapan Snorkeling menggunakan Sharing Boat Gili Trawangan
    • Jadwal tripnya biasanya mulai sekitar jam 10.00 pagi dan berakhir (kembali ke gili Trawangan) sekitar jam 15.00 – 16.00 sore.
    • Jumlah spot snorkeling yang dikunjungi adalah 3 spot, jadi kita akan melakukan 3x snorkeling yaitu disekitar gili Trawangan, gili Meno dan gili Air.

      snorkeling gili trawangan 2-1
      Snorkeling di Gili Meno Lombok
    • Makan siang di gili Air. Kapal/boat akan merapat di gili Air dan semua peserta turun untuk makan siang di cafe atau resto yang sudah disiapkan agen tripnya.

      cafe gili air lombok
      Lunch di resto Gili Air
    • Lama waktu pelaksanaan snorkeling di setiap spot dibatasi sekitar 15 s.d 20 menit.
    • Pengalaman saya saat mengikuti trip sharing ini yang saat itu ramai dikunjungi wisatawan asing (90% pesertanya bule semua), saat tiba di spot snorkeling maka guide kapal akan berteriak (dalam bahasa Inggris tentunya) dan mengatakan “silahkan turun snorkeling, diberikan waktu 15 menit untuk snorkeling dan silahkan naik kembali ke kapal yang akan menunggu di satu titik tertentu. Nah pastikan bagi yang tidak bisa berenang untuk meminta pelampung ke guide kapalnya, karena pengalaman saya ini, semua wisatawan asing yang ikut snorkeling, tidak memakai pelampung, mungkin karena mereka sudah biasa berenang di laut jadi cuek aja langsung lompat dari kapal dan snorkeling tanpa pelampung, wew. Ditambah lagi boat yang akan menjemput kita biasanya akan berjalan mengikuti arah arus lautnya dan menjemput kita ditempat yang jauh dari tempat turun snorkeling, jadi siapkan mental untuk harus bisa berenang cukup jauh menuju boatnya.

      snorkeling gili trawangan 3-1
      On the Boat menuju spot Snorkeling di Gili Men0
  2. Paket Snorkeling Hopping Island (private boat) :
    • Satu kapal/boat dipakai secara private oleh kita dan grup kita sendiri.

      hopping island gili trawangan 2-1
      Otw Snorkeling – Private Boat, Gili Trawangan
    • Tarif sewa kapal/boat ini berkisar Rp 700 ribu s/d > Rp 1 juta, bergantung dari ukuran kapal/boat dan fasilitasnya (glass bottom, dst).
    • Jadwal tripnya menyesuaikan schedule kita, namun biasanya dipatok maksimal beberapa jam (seharian saja).
    • Jumlah spot snorkeling bisa lebih banyak, silahkan nego dengan guide atau sopir boatnya yang lebih tahu lokasi-lokasi snorkeling disekitar ke3 gili tersebut.

      snorkeling gili trawangan 5-1
      Spot Snorkeling di Gili Meno Lombok
    • Lunch atau makan siang bisa kita tentukan sendiri apakah mau di gili Meno atau gili Air, cafe dan restonya juga bebas kita tentukan.
    • Lama waktu pelaksanaan snorkeling adalah bebas, untuk satu spot snorkeling tergantung keinginan kita mau berapa lama snorkelingnya.

      snorkeling gili trawangan 6
      Underwater Gili Lombok
    • Biasanya ditemani satu guide yang bisa ikut turun mendampingi kita saat snorkeling dan bisa membantu foto-foto di underwaternya.

Sejujurnya, setelah saya melakukan snorkeling di 3 gili tersebut, sangat disayangkan karena ternyata sudah banyak juga terumbu karangnya yang rusak dan patah-patah. Memang tidak disemua spot underwaternya seperti itu, ada juga yang masih bagus dan terawat, seperti yang dijumpai di gili Air masih lumayan bagus dengan jumlah ikan yang cukup banyak. Selain itu pula, jika beruntung, kita dapat bertemu dengan kura-kura di gili Air meskipun hanya snorkeling di dekat pantainya karena mereka banyak berkeliaran dan berenang di sekitar pantainya. Dari pengalaman 3x snorkeling disana, saya selalu sukses bertemu dengan kura-kura, namun sayang tidak sempat di foto, cukup susah juga untuk mengejarnya karena dia akan menjauh jika kita mendekat.

So guys, nikmati underwater gili Lombok dengan tetap menjaga kelestarian terumbu karang dan habitat laut lainnya. Jangan merusak ataupun menginjak terumbu karang yang ada di dasar lautnya, karena akan sangat sulit dan dibutuhkan waktu yang sangat lama dalam pengembangbiakan maupun perbaikan terumbu karang tersebut.

underwater gili meno
Underwater di Gili Lombok

– Gili Trawangan, Gili Meno & Gili Air – 2013 – 2014 –

– Visit Indonesia –

– I Love The Blue of Indonesia –

Artikel Terkait :

1. 11 Aktivitas Menyenangkan di Gili Trawangan Lombok, Holiday in Paradise

2. Disambut Ular Laut di Gili Air, Kukejar Kau !

13 thoughts on “Snorkeling di Lombok, sekali kayuh 3 Gili Terlampaui : Gili Trawangan, Gili Meno & Gili Air”

  1. Kalau mau private boat, bisa melalui agen travel yg kita pakai atau bisa sewa boatnya langsung di gili trawangan juga, banyak counter penyewaan private boat disepanjang tepi pantainya. Harganya biasanya beda-beda, pinter2 nawar ya bro, tanya juga kondisi boatnya kaya gimana, pake glass bottom atau tidak, klo pake glass bottom lebih mahal (ada kaca didasar boat utk liat karang bawah laut dr atas boat)

    Like

      1. Private boat bisa jg dgn harga paket makan dan bisa juga tanpa makan, harganya beda. Klo mau enak sih mending tanpa makan aja bisa bawa makan sendiri beli di gili trawangan sebelum naik boat atau pas mampir gili air ada cafe disana bisa pesen makan dan bayar sendiri sesuai selera mau makan apa…

        Like

      1. Utk sharing boat gak ada cp nya bro krn langsung beli tiketnya di counter dekat dermaga gili trawangan. Tanya aja dideket dermaganya utk public boat ke 3 gili dimana, ada counter kasirnya koq, langsung beli disitu harag resmi

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s