“La La La Aku Sayang Sekali…Doraemon” Mengenang Fujiko F.Fujio di Museum Doraemon Kawasaki Jepang

museum doraemon jepang fujiko f fujio
Museum Doraemon Kawasaki Jepang

JEJAKLANGKAHKU – DORAEMON !!! siapa yang tidak kenal dengan tokoh kartun yang lucu ini. Kalau saya pasti langsung berangan-angan punya Pintu Kemana Saja yang sangat melekat dengan cerita kartun Doraemon ini. Kebayang deh bisa travelling ke seluruh penjuru dunia dengan hanya membawa Pintu Kemana Saja…wkwkw…ngayal.com.

doraemon9
Museum Fujiko F Fujio
Patung Giant di Museum Doraemon
Patung Giant di Museum Doraemon

Museum Doraemon terletak di Kawasaki City Jepang, dekat dengan Stasiun Kereta Noborito di kota Kawasaki, keluar dari stasiun bisa langsung menuju terminal bus khusus yang akan mengantar ke lokasi Museum. Busnya juga lucu, didesain dengan gambar-gambar dan ornamen Doraemon dan kawan-kawannya. Hanya perlu waktu 15 s.d 20 menit dengan bus dari stasiun tadi menuju ke lokasi Museumnya.

Bus Menuju Museum Doraemon
Bus Kawasaki Menuju Museum Doraemon

Oiya, sebenarnya nama museumnya adalah Museum Fujiko F.Fujio (bukan Museum Doraemon), karena museum ini dibangun khusus untuk mengenang Fujiko F.Fujio sebagai pencipta dan penulis cerita Doraemon tersebut. Tiket masuk ke museum ini hanya bisa di beli di toko Lawson yang ada diseantero Jepang, usahakan beli jauh-jauh hari sebelumnya karena biasanya sold out, apalagi kalau datang di weekend (harga tiket sekitar 1.000 Yen) . Sempat bingung juga pas beli tiketnya di Lawson, karena belinya pun bukan di Kasir tapi melalui mesin khusus yang harus dipencet-pencet sendiri (kudu kreatif baca tulisan dan simbol-simbolnya).

doraemon3
Patung Doraemon
doraemon10
Patung Doraemon di Stasiun Noborito

Museum ini sendiri menceritakan tentang perjalanan hidup Fujiko F.Fujio mulai dari kecil hingga dewasa lengkap dengan semua karya-karyanya, dimana salah satu yang paling terkenal adalah Doraemon. Ide kucing Doraemon diambil dari pengalaman beliau yang  pernah punya seekor kucing liar yang dipadukan dengan seorang anak laki-laki pemalas dan mainan, jadinya “seorang bocah pemalas kedatangan kucing dari masa depan yang bisa mengeluarkan benda-benda berguna dari kantungnya” jadi deh, sebuah karya manga Doraemon!  Berhubung dilarang foto-foto didalam museum, jadinya saya hanya bisa mengenang semua yang saya lihat, dengar dan rasakan didalam sini. Berbagai cara dipakai museum ini untuk memamerkan sejarah Doraemon, mulai dari bentuk gambar-gambar dinding, patung-patung, buku-buku cerita hingga video dan film yang bisa kita lihat dan dengarkan melalui headphone dan radio yang dilengkapi dengan penjelasan visual berbagai bahasa di dunia (jadi kalo gak mudheng bahasa Jepang, tinggal mencet tombol bahasa Inggris).

doraemon2
Ruang Bermain Anak Doraemon
doraemon7
Patung Doraemon & Kawan-Kawannya

Nah setelah melewati sisi histori bagian dalam dari Museum ini, kini sampailah saya di lantai 3 museum ini yaitu Ruang Rekreasi….horeeee…akhirnya bisa foto-foto. Di ruang rekreasi ini kita bisa membaca komik-komik Doraemon yang disediakan khusus buat para pengunjung lengkap dengan area membacanya, sofa, kursi dan meja. Terdapat juga ruangan khusus untuk bermain anak-anak yang didesain lucu dengan gambar-gambar Doraemon serta area luar ruangan yang penuh dengan patung-patung Doraemon dan teman-temannya, termasuk patung Pintu Kemana Saja…hahaha… kreatif dueh !

doraemon6
Pintu Kemana Saja
doraemon4
Ice Cream Doraemon

Sebelum pulang, jangan lupa juga untuk menikmati snack di cafenya, ada Ice Cream Doraemon bow !!! Bayangkan, suhu di luar mencapai 0 derajat Celcius…teteup aja gue beli ice cream nya…unik sih… bentuk biskuitnya Doraemon & kawan-kawannya…hihihi… padahal rasanya sih sama aja dengan rasa ice cream vanila pada umumnya 🙂

“An An An Tottemo Daisuki … Doraemon”

“La La La Aku Sayang Sekali … Doraemon”

– Kawasaki City Japan – Feb 2014

2 thoughts on ““La La La Aku Sayang Sekali…Doraemon” Mengenang Fujiko F.Fujio di Museum Doraemon Kawasaki Jepang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s