Make your own Cup Noodle, hanya di Cup Noodle Museum Yokohama !

noodle1
Noodle Museum, Yokohama Japan

JEJAKLANGKAHKU – Iya, tepat sekali, aku hobi banget makan MIE, apalagi yg namanya mie titi khas Makassar dengan sambel kuningnya yg super pedas…soooo yummyyyy, tidak ada yg bisa mengalahkan cita rasa dan nuansa dalam menikmatinya di dunia ini (kriuk, pedes, panas, kringet, kenyang), kolestrol blakangan deh mikirnya…hahaha. Hobi makan mie inilah yg membuat saya penasaran banget sama yg namanya Cup Noodle Museum yg letaknya di kota Yokohama, Jepang. Bela-bela’in kesini sendirian bow dari Tokyo, bermodalkan googling trainnya, nekat dah ke subway, sampe di subway bingung dah karena jenis trainnya banyak banget, ada kreta yg biasa (mampir tiap stasiun), ada yg patas, dll. Akhirnya nanya ke petugas, eee kaga bisa bahasa Inggris, keluar deh kertas dan pulpen, pake bahasa isyarat gambar dah, dan sukses, akhirnya sampe juga gue di Yokohama, kota ke-2 terbesar di Jepang setelah Tokyo.

yoko9
Gedung Noodle Museum, Yokohama Jepang
yoko10
Cup Noodles Museum, Yokohama Jepang

Pendek cerita, keluar dari stasiun di Yokohama, celingak celinguk, pake nanya kiri kanan, tersesat jalan kaki 2 km, baru deh nemu Gedung Museumnya. Intinya, museum ini menceritakan sejarah lahirnya mie di dunia ini, hingga mie bisa dikemas secara instant dalam bentuk Cup Noodle. Penemunya adalah Momofuku Ando yg pada tahun 1958 berhasil memperkenalkan mie instant pertama di dunia dan Cup Noodle pada tahun 1971. Semua hasil pengembangan mie instant ini dari berbagai merk dan rasa, didokumentasikan di dinding-dinding museum ini, banyak banget dueh.

yoko15    yoko17

Nah yang unik dari museum ini adalah kita dapat membuat Cup Noodle kita sendiri, mulai dari membeli Cup Noodle (tempat mie nya) kosongannya, menghias cover Cup Noodlenya, mengisi mie instantnya, memilih rasa yg diinginkan hingga menjadi sebuah Cup Noodle unik dengan Merk sendiri dan rasa yang unik.

yoko18  yoko19

yoko21   yoko22

Berikut tahapan yg harus dilalui untuk membuat Cup Noodle sendiri :

  1. Membeli Cup Noodle kosongan di vending machine
  2. Duduk manis dikursi dan meja yg sudah disiapkan, lengkap dengan berbagai Spidol warna warni untuk menghias cover Cup Noodlenya (jadi berasa anak SD lagi belajar menggambar dan mewarnai…wkwkw…secara yg duduk barengan satu meja anak-anak semua…hihihi)
  3. Oiya, satu hal yg berkali-kali diingatkan sama petugasnya adalah : jangan lupa menulis tanggal kadaluarsa mienya. Jadi misal kita datengnya tgl 1 Jan, maka dikasi waktu kadaluarsa 2 bulan, jadi harus ditulis di Cup Noodlenya, “expired date : 1 Mar 2015” (manatau udah jadi souvenir dipajang, trus tiba-tiba mau dimakan, ya bener juga sih, kudu liat expired datenya ! )
  4. Setelah desain Cup Noodlenya jadi, selanjutnya diisi dengan mie instantnya
  5. Habis itu, ini yg seru…pilih rasa yg diinginkan. Ada banyak topping yg disediakan, kalo gak salah maksimum cuma bisa 4 atau 5 topping deh. Berhubung gue smangat banget, gak jelas deh pilihan kombinasi rasanya, nano nano, yg tampaknya enak dicampur aduk, kaga nyambung dah rasanya…hahaha
  6. Nah isinya udah jadi nih, selanjutnya ditutup bagian atas Cup Noodlenya dan dimasukkan ke mesin press untuk dibungkus plastik tipis, kaya plastik Pop Mie gitu deh.
  7. Langkah terakhir nih yg paling amazing, yaitu memasukkan Cup Noodle kita yg sudah jadi tadi ke dalam kotal plastik untuk dibuat gelembung kedap udara. Gue bingung juga sih, apa tujuannya ya…kayanya biar gak rusak kali ya Cup Noodlenya…bela-bela’in dilindungi gitu ama udara…udah kaya barang yg harganya mahal pisaannn dah !
  8. Jadi deh Cup Noodleku, merknya : my name ….hihihihi

yoko24    yoko26

Puas rasanya udah bisa bikin Cup Noodle sendiri dan sukses dimakan dikantor sebulan kemudian setelah dipajang cantik di atas meja …dan mau tau rasanya ???? ancuurrr abizzz….hahaha…enakan indomie kari ayam dah !!! teteup….kuliner Indonesia is the BEST !

– Yokohama, Japan – Feb 2014 –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s